Pedometer adalah alat elektronik yang digunakan untuk menghitung langkah orang yang berjalan atau berlari. Biasanya pedometer digunakan oleh orang yang antusias berolahraga atau orang yang ingin meningkatkan aktifitas fisik dengan banyak berjalan atau berlari. Biasanya orang menjadi antusias berjalan atau berlari karena ingin meningkatkan kebugaran, mengurangi berat badan, mengubah pola hidup agar lebih aktif, serta memulihkan kesehatan atau terapi.
Karena jarak tiap langkah masing-masing orang berbeda, pemakai pedometer harus melakukan kalibrasi informal sendiri untuk kalibrasi jarak (misalnya jarak dalam satuan km) yang diinginkan. Set pedometer pada angka nol kemudian hitung 100 langkah untuk menentukan apakah pedometer anda akurat. Sebuah pedometer dianggap cukup akurat jika kesalahan hitung kurang dari 10 persen. Jika kesalahan hitung lebih dari 10 persen anda biasanya hanya perlu mengubah posisi letak pedometer atau sensornya.
Teknologi dibalik pedometer berubah setiap saat, namun prinsip dasar kerja pedometer tidak berubah. Sensor mekanis menghitung jumlah langkah berdasarkan goncangan tubuh pada bagian tubuh yang direkam. Sebagai gambaran cara kerjanya, jika anda mengguncang sensornya dengan tangan sekalipun akan membuat pedometer menghitungnya sebagai langkah.