Variasi Magnetis adalah perbedaan antara ikhtilaf magnetis pada waktu yang berlainan. Seperti yang telah kita ketahui, kutub utara megnet selalu berubah-ubah. Hal ini dikarenakan oleh bumi terpengaruh oleh perputaran bumi (rotasi) dan perputaran bumi mengelilingi matahari (revolusi). Karena perputaran bumi (rotasi) dan perputaran bumi mengelilingi matahari (revolusi). Karena perputaran inilah timbul suatu gaya sentripental (gaya mendorong keluar).

Letak Kutub Magnetis Bumi terpengaruh atau selalu berubah setiap tahun, maka Ikhtilaf magnetis (sudut yang dibentuk antara kutub utara sebenarnya dan kutub utara magnetis) juga berubah. Perbedaan-perbedaan ikhtilaf peta itulah yang dimaksud dengan variasi magnetis.

Variasi magnetis pada beberapa tempat tidak sama, di Indonesia umumnya ditetapkan 2 menit pertahun. Untuk peta topografi model lama digunakan tabel variasi magnetis. Untuk model peta topografi Indonesia peralihan , variasi magnetis dan deklinasi pada peta digambarkan dengan digram sudut, yang terletak dikiri bawah peta. Penulisan variasi magnetis dinyatakan juga dengan variasi rata-rata tiap tahun.

Ada juga peta yang tidak dihgambarkan ikhtilaf peta, tapi hanya ikhtilaf magnetisnya saja. Untuk peta model ini ikhtilaf petanya berada pada batas kiri/kanan peta tertulis Grid Declination ( Ikhtilaf Peta).  
INCREASE/ DECREASE
Dalam mempelajari Variasi Magnetis, akan ditemui kata Increase atau Decrease. Bila suatuVariasi Magnetis bertambah, sehingga setiap tahunnya makin lama makin bertambah besar, maka hal ini dikatakan bahwa variasi magnetis tersebut Increase artinya bertambah naik. Bila variasi setiap tahunnya makin berkurang, maka dikatakan variasi magnetis Decrease.